Pages

Sunday, January 10, 2010

Roti Sobek 3 Bahan



Tertarik dengan postingan mbak Dita di FB-nya, aku yang kebetulan sedang bingung untuk mengkaryakan sisa whipped cream jadi dapat ide. Yang kebetulan lagi, sisa whip cream-nya pas untuk bikin 1 resep....jadilah sore-sore dingin, sambil main poker di FB, aku bikin roti ini. Hasilnya ??? lembut banget...mungkin karena kandungan lemak dari creamnya cukup banyak ya?

Resep ini beneran gampang banget, bahkan buat kamu-kamu yang mengaku pemula sekalipun, di jamin sukses....oh ya, jumlah cairannya tadi aku tambah...karena tepung aku terlalu kering. Berapa banyak ? hmmm....tadi lupa nimbang, tapi dikira2 aja sampai adonan enak diuleni...jangan lupa lakukan "window test" pada adonannya sebelum di proofing....selamat mencoba ^_^ (psst..lihat deh tampang aika waktu bangun tidur dan melihat roti panas yang sedang di foto, dia suka banget sama roti ini)




Bahan-bahan :
170 gr krim kental/thickened cream
2 1/2 cup tepung terigu
1 sachet/11 gr ragi instant
1/2 cup gula (optional)







Cara Membuat :
1. Campur semua bahan jadi satu, mikser dengan hook roti sampai adonan gak lengket di wadah.
2. Matikan mikser, uleni sebentar dengan tangan. Tutup wadah dengan plastic wrap atau lap, simpan di tempat hangat sekitar 20-30 menit sampai mengembang.
3. Panaskan oven 180˙C. Ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian isi dan susun dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti atau parchment paper. Olesi atasnya dengan susu atau kuning telur kocok plus susu, taburi topping.
4. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan. Dan siap disajikan.

No comments: